Senin, 08 November 2010

Tugas Dasar Pemasaran

AYAM BAKAR ECCO



Ayam bakar ecco didirikan oleh ibu Raraamily:";" >an Febuari 2009. Yang terletak di depan SMAI Panglima Jendral Sudirman 1 Bekasi di Jalan Taman Soka II,Galaxy Bekasi . Ibu Rara memilih letaknya yang strategis, ramai, dan dekat rumah . Ia memberikan nama AYAM BAKAR ECCO karena dalam bahasa Jawa, Ecco berarti enak yang berarti AYAM BAKAR ECCO artinya AYAM BAKAR ENAK. Sebelum memulai usahanya di Galaxy, ibu Rara pernah membuka usaha di Pakis Pekayon. Tetapi karena tempat itu tidak memiliki tempat duduk untuk pembeli, akhirnya ibu Rara memutuskan untuk pindah ke tempat yang lebih baik, yaitu Taman Galaxy Bekasi. Menu utama yang ditawarkan oleh ibu Rara adalah ayam bakar. Menu ayam bakar itupun terbagi dalam 2 paket, paket Ecco 1 dan paket Ecco 2, paket ecco 1 disebut paket jumbo karena ukuran ayamnya yang lebih besar dibandingkan dengan paket ecco 2. Selain ayam bakar dan paket-paketnya, ibu Rara juga menyediakan menu-menu lain, yaitu :

1. Ayam Bakar Paket Ecco 1 (Jumbo) Rp 7.500,-

(Ayam Bakar + Nasi)

2. Ayam Bakar Paket Ecco 2 (Hemat) Rp 5.000,-

(Ayam Bakar +Nasi)

3. Otak-otak Goreng Keju Rp 3.000,-

4. Spagetti Rp 6.000,-

5. Kentang Goreng Keju Rp 4.000,-

6. Nasi Goreng Gila Rp 6.000,-

7. Indomie + Bakso + Telur Rp 5.000,-

8. Soto Ayam Rp 5.000,-

Jika melihat harga-harga pada menu-menu diatas, kita akan berpikir bahwa harga tersebut sangat murah dan tidak lazim pada umumnya. Sebagian orang pasti tidak percaya dengan harga tersebut karena harga-harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan situasi dan kondisi ekonomi pada saat ini. Menurut ibu Rara, keuntungan bukan menjadi prioritas utama, yang penting dagangannya dapat laris dan memuaskan pelanggan. Alasannya karena lokasi penjualannya terletak di depan sekolah, maka ibu Rara memberikan harga yang sesuai dengan kantong pelajar. Dalam memasarkan usahanya, ia tidak menggunakan pamflet atau brosur yang biasanya digunakan untuk mempromosikan suatu usaha, tetapi ia menggunakan cara pemasaran dari mulut ke mulut para pembelinya. Disamping itu, ibu Rara menerima pesan antar, bila ada pembeli atau customer-nya memintanya walaupun dalam jangka yang dapat di jangkau.

Berikut gambar ibu Rara pada waktu membakar Ayam bakar :










































Ayam Bakar Paket Ecco 2
















Otak-otak Goreng Keju














Dan masih banyak lagi…

Dapat kita simpulkan analisis lingkungan Ayam Bakar Ecco, yaitu :

1. Kelebihan Ayam Bakar Ecco, antara lain :

a. Letaknya yang stategis.

b. Harganya yang murah dan terjangkau.

c. Setiap rasa dari menu-menu yang diberikan enak.

d. Tempatnya yang bersih.

e. Pemiliknya yang mempunyai resep tersendiri.

2. Kelemahan Ayam Bakar Ecco, antara lain :

a. Kurangnya pegawai.

b. Ruangannya kurang luas.

c. Kurangnya meja untuk para tamu.

d. Kurangnya promosi.

3. Peluang bagi Ayam Bakar Ecco, antara lain :

a. Harga dan rasanya yang tidak berubah, membuat pelanggan datang kembali.

b. Promosinya dari mulut ke mulut, dapat membuat masyarakat ingin mencoba.

c. Pelayanannya yang ramah membuat pelanggan senang.

d. Tempatnya yang bersih membuat pelanggan nyaman untuk makan di tempat.

4. Ancaman-ancaman bagi Ayam Bakar Ecco, antara lain :

a. Persaingan yang ketat karna di sekitar Ayam Bakar Ecco terdapat UKM-UKM lainnya.

b. Ruangannya kurang luas.

c. Terbatasnya meja untuk para tamu.

d. Kurangnya pelanggan dari daerah lain.


Berikut foto kelompok kami dengan pemilik dari Ayam Bakar Ecco :



Tugas ini disusun oleh :
  1. Annisa Dwiutami
  2. Kurnia Diah Anggraeni
  3. Nurlaeli Anggraen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar